03 Desember, 2008

Mengantisipasi Virus

Ada beberapa tipe antivirus yang berkembang dewasa ini, seperti tipe virus bot sector, virus file, dan virus macro. Tipe-tipe virus tadi pada umumnya dapat mengganggu kinerja komputer Anda. Untuk mengantisipasi serangan virus tersebut, berikiut akan dijelaskan beberapa cara mengantisipasinya:


- Gunakan program (software) legal atau original. Program ilegal atau bajakan berpotensi mengandung virus yang dapat menyebar pada saat komputer menggunakan program.
- Hindari penggunaan disk drive secara bebas. Berdasarkan beberapa pengalaman komputer menjadi terinfeksi setelah disk drive membaca bebrapa disket secara bebas dan bergantian.
- Lakukan scan disket. Scan disket setelah dimasukkan ke dalam disk drive berguna untuk mengetahui keadaan disket, mendeteksi serta menghilangkan virus.
- Instalasilah program (software) anti virus. Program anti virus berguna untuk menjaga keamanan komputer dari berbagai kemungkinan infeksi sekaligus menghilangkan virus.
- Lakukanlah back up data di luar komputer, seperti pada disket atau CD dan juga Flashdisk. Ini merupakan langkah antisipatif untuk mengamankan data dari berbagai kerusakan atau bahaya serangan virus.

Tidak ada komentar:

Aksi Cyber

Aksi Cyber

Friends Cyber